limbah industri

Bahaya, Limbah Industri Harus Dikelola Baik Sebelum Dibuang

Water treatment plant adalah sebuah upaya untuk bisa mengelola limbah yang dihasilkan dari berbagai sumber. Baik limbah industri maupun rumah tangga sebelum dibuang harus melewati proses ini dengan tujuan agar tidak mencemari atau merusak lingkungan.

Upaya ini menjadi langkah penting untuk bisa memberikan perlakuan yang baik kepada lingkungan. Pertimbangannya adalah segala hal yang akan dibuang dan dirasa bisa membahayakan lingkungan jika tidak diolah terlebih dahulu. 

Karena bisa Anda ketahui, bahwa di lingkungan sekitar tumbuh berbagai macam tanaman serta tempat hidup berbagai jenis hewan. Sehingga, jangan sampai karena limbah yang tidak terkelola dengan baik mengancam kehidupan dari makhluk hidup tersebut.

Salah satu limbah yang cukup menjadi permasalahan tidak hanya oleh masyarakat tetapi juga oleh negara adalah limbah industri.

Industri menjadi sektor yang sangat penting bagi sebuah negara dalam upaya memperkuat pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Namun disamping itu, perlu juga untuk dipikirkan secara matang mengenai cara mengatasi limbah pabrik sebelum limbah tersebut dibuang. Karena bahan-bahan yang digunakan oleh pabrik merupakan bahan-bahan kimia yang bersifat keras dan membahayakan.

Limbah Industri Berdasarkan Karakteristiknya

Dalam dunia industri terdapat berbagai macam limbah, namun berikut ini beberapa limbah industri yang didasarkan dengan karakteristiknya yang perlu Anda ketahui.

Limbah Cair

Ini merupakan limbah yang berbentuk cair dan bisa secara langsung dibuang, baik ke sungai maupun selokan dan tentunya perlu melalui proses terlebih dahulu agar tidak mencemari sungai atau selokan tersebut.

Ada saja pemilik atau pengelola industri yang nakal dengan semena-mena membuangnya tanpa memperhatikan terlebih dahulu bahwa limbah cair tersebut bisa mencemari atau membahayakan air di sungai tersebut.

Asalkan limbah bisa terbuang dan tidak menumpuk di pabrik mereka. Tentu saja hal seperti akan sangat memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan.

Limbah cair ini terbagi menjadi dua, yakni limbah yang berbahaya dan limbah yang bisa dinetralisir dalam waktu yang singkat.

Untuk limbah cair yang berbahaya ini perlu untuk dikelola terlebih dahulu sebelum dibuang agar lebih ramah untuk lingkungan. Jika tidak, maka limbah tersebut bisa membunuh biota-biota yang ada di air. 

Limbah Gas

Limbah ini merupakan limbah yang berbentuk gas dan akan sangat mudah untuk bercampur dengan udara. Gas tersebut akan semakin meluas dengan adanya dukungan angin yang bisa membawa gas tersebut. Limbah ini akan sangat berbahaya dan berpotensi untuk mencemari udara yang setiap harinya dihirup oleh manusia.

Misalnya saja seperti asap-asap pabrik yang biasanya dikeluarkan melalui cerobong yang berada di atap bangunan pabrik atau bisa juga ketika terjadi adanya kebocoran gas yang menyebabkan gas bercampur dengan udara.

Limbah Padat

Limbah ini merupakan limbah yang berbentuk padat dan dihasilkan dari proses pengolahan yang terjadi di dalam pabrik dan sudah tidak terpakai lagi. Maka, sisa-sisa itulah yang disebut dengan limbah dan bentuknya berupa padatan.

Sebelum membuangnya, tentu harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu agar tidak mencemari air maupun tanah yang menjadi tempat dibuangnya limbah tersebut.

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

Limbah ini merupakan sisa yang bisa membahayakan lingkungan, baik air, tanah, bahkan kesehatan manusia. Sehingga perlu adanya perlakuan secara khusus untuk bisa mengelola limbah yang berbahaya dan beracun ini, misalkan saja dengan adanya instalasi pengolahan air limbah industri.

Berbahaya Untuk Kesehatan

limbah industri bagi kesehatan
Bahaya Limbah Industri Bagi Kesehatan

Limbah tidak bisa dipandang remeh. Keberadaan limbah tidak hanya mampu merusak dan mencemari lingkungan, baik air, tanah, maupun udara saja tetapi juga kesehatan manusia yang sudah terpapar akan limbah tersebut.

Oleh karena itu, adanya instalasi pengolahan air limbah pdf bisa menjadi pedoman dan petunjuk akan pengelolaan limbah ini secara baik dan benar. Proses pemaparan limbah pada tubuh manusia ini bisa saja melalui udara akibat gas buangan dari industri yang bertebaran tanpa adanya filter dan bercampur dengan udara yang Anda hirup. 

Lalu kemudian melalui air, di mana air yang sudah tercemar dengan limbah digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari hari, seperti mandi, mencuci, memasak, dan minum. Di mana hal seperti ini akan sangat membahayakan untuk tubuh Anda.

Limbah gas bisa berupa karbon monoksida yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor di jalanan, metan, sulfur oksida, klorin, dan masih banyak lagi.

Hal ini bisa mengganggu sistem pernapasan Anda, seperti adanya gangguan pada paru-paru, stroke, jantung. Selain itu bagi ibu hamil hal ini tentu bisa mengganggu perkembangan dari janin yang sedang dikandung.

Untuk limbah padat, Anda bisa menjumpai pada kertas, plastik, karet, dan logam yang dibuang. Dan beberapa dari limbah tersebut lama kelamaan berpotensi untuk membentuk gas yang mengandung racun.

Limbah padat ini pun juga memiliki risiko yang tinggi untuk kesehatan manusia. Seperti diare, penyakit kulit seperti gatal, dan lebih parahnya bisa menyerang organ dalam seperti ginjal.

Sedangkan limbah cair ini bisa bersumber dari banyak tempat yang salah satunya adalah pabrik.

Limbah Rumah Sakit

Pengolahan limbah rumah sakit juga perlu untuk diperhatikan. Banyak dari bahan-bahan kimia medis yang berbentuk cair dibuang begitu saja di sungai dan bisa mencemari air tersebut.

Dan ketika air tersebut digunakan oleh manusia, manusia pun juga akan terkena dampak buruknya. 

Biasanya limbah cair ini menimbulkan aroma yang tidak enak dan jika tubuh anda terpapar dengan limbah ini, beberapa keluhan seperti gatal bisa dirasakan.

Bahkan jika sampai masuk ke dalam tubuh, hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda, seperti penyakit diare, kolera, hepatitis A, maupun penyakit hati.

Bagaimana Cara Mengatasi Pencemarannya?

mengatasi limbah industri
Mengatasi pencemaran limbah industri

Limbah-limbah industri yang sudah terlanjur mencemari lingkungan, baik air, tanah, dan udara serta kesehatan manusia, maka perlu adanya upaya untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut agar tidak semakin parah. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi limbah-limbah industri tersebut?

Hindari Untuk Membuang Limbah Cair Secara Langsung

Kasus ini lah yang sering terjadi dimana untuk lebih mempercepat dan mempermudah tanpa memikirkan dampak buruk yang terjadi, maka limbah cair langsung saja dibuang ke tempat adanya sumber air.

Seharusnya sebelum limbah tersebut dibuang, perlu adanya tahapan pengolahan limbah cair untuk memisahkan zat-zat yang berbahaya dengan yang tidak agar terhindar dari pencemaran air.

Jika limbah dibuang begitu saja, maka hal tersebut menjadi ancaman yang sangat berbahaya untuk makhluk hidup yang ada di air.

Mendaur Ulang

Cara ini sudah mulai dilakukan oleh beberapa orang dan komunitas untuk bisa memanfaatkan kembali limbah atau mendaur ulang. Biasanya limbah yang didaur ulang ini adalah limbah-limbah yang sulit untuk terurai atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai.

Di mana limbah yang dimanfaatkan ini adalah limbah berbahan padat yang kemudian bisa menjadi barang yang bermanfaat untuk manusia.

Misalkan saja limbah ban yang bisa dimanfaatkan untuk dikreasikan menjadi pot tanaman. Selain itu limbah plastik, yang bisa diolah untuk dijadikan barang kerajinan berunsur seni yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 

Mengolah Limbah Dengan Benar

Limbah industri merupakan limbah yang mengandung bahan-bahan kimia yang sangat membahayakan. Sebelum membuangnya, maka usahakanlah untuk mengelola agar limbah yang akan dibuang tidak membuat lingkungan menjadi rusak.

Setelah limbah tersebut sudah diolah atau dipisahkan dari bahan-bahan yang berbahaya, maka limbah tersebut bisa dibuang.

Menimbun Limbah Yang Bisa Diuraikan

Limbah yang bisa terurai atau limbah organik bisa mengalami penguraian yang sempurna jika dilakukan penimbunan. Selain bisa mengurangi jumlah limbah yang ada, juga bisa memberikan manfaat bagi tanah. Di mana tanah akan menjadi subur dan akan sangat baik untuk ditanami tumbuhan.

Sehingga limbah-limbah organik tersebut tidak berceceran yang lama kelamaan bisa membusuk dan menimbulkan aroma yang sangat mengganggu.

Lingkungan adalah milik bersama makhluk hidup. Ketika lingkungan tercemar, maka seluruh makhluk hidup akan mendapatkan kerugiannya.

Oleh karena itu, limbah-limbah industri, baik gas, padat, maupun cair sebaiknya dikelola dengan baik.

Adanya standar baku mutu air limbah inilah yang bisa dijadikan pengendali atas pencemaran pada limbah air. Sehingga, makhluk hidup pun bisa terhindar dari bahayanya limbah industri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *