pengolahan limbah

Fungsi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)

IPAL atau instalasi pengolahan air limbah merupakan sebuah struktur teknik serta perangkat peralatan dan perlengkapannya. Sistem ini dirancang khusus untuk mengolah atau memproses cairan sisa proses sehingga menjadi layak untuk dibuang ke lingkungan.

Limbah atau cairan sisa proses tersebut dapat berasal dari proses industri, pertanian, pabrik, dan limbah rumah tangga.

Pembuangan limbah-limbah tersebut apabila secara sembarangan maka akan dapat membahayakan lingkungan bahkan manusia. Oleh karena itu perlu proses pengolahan yang lebih lanjut sebelum dibuang ke dalam saluran pembuangan. 

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana proses pengolahan tersebut dengan IPAL, saat ini sudah banyak buku atau tutorial yang bisa anda pelajari. Contohnya seperti instalasi pengolahan air limbah pdf yang ada cukup banyak di internet.

Instalasi pengolahan air limbah industri penting untuk dilakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih. Hal itu selaras dengan tujuan utama IPAL yang menyaring dan membersihkan cairan yang sudah tercemar baik oleh pencemaran kimia maupun pencemaran organik. 

IPAL sendiri memiliki sejumlah manfaat yang tidak hanya untuk manusia tapi juga berdampak positif untuk hewan, tumbuhan dan juga lingkungan sekitar. Berikut ini adalah manfaat dari instalasi pengolahan air limbah tersebut:

Manfaat IPAL

  • Membuat aliran air yang menuju sungai menjadi lebih layak dan bersih untuk digunakan
  • Mengolah air limbah agar dapat untuk digunakan lagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing
  • Menjaga tumbuhan yang ada di dalam tanah dan air secara efektif agar terbebas dari kematian akibat dari racun limbah.

Selain memiliki manfaat IPAL juga memiliki beberapa fungsi yang harus diketahui, apalagi jika anda sedang mempelajari bagaimana instalasi pengolahan air limbah industri. Di bawah ini adalah ulasan dari fungsi-fungsi IPAL tersebut:

Fungsi-Fungsi dari Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL

Selain berfungsi untuk mengolah limbah cair dari kegiatan industri, pertambangan dan komersial, IPAL juga memiliki beberapa fungsi seperti:

  • Menjaga Kelestarian Lingkungan

Lingkungan di sekitar pertambangan akan bebas dari racun yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan bagi manusia. memicu kematian pada makhluk hidup seperti manusia dan hewan, serta merusak struktur tanah dengan tata kelola air limbah yang baik. 

  • Menetralisir Kontaminan

Limbah sisa dari hasil pertambangan dan industri banyak yang mengandung racun berbahaya yang mampu menyebabkan kontaminan baik kimia, biologis dan fisik. 

  • Mengurangi Biaya untuk Produksi

Penerapan IPAL dapat dimanfaatkan dengan maksimal sehingga bisa untuk menunjang proses produksi dan mengurangi biaya dari produksi. 

  • Siklus Menjadi Positif

Air limbah yang sudah diolah secara baik, ternyata mampu untuk dimanfaatkan oleh pabrik atau industri. Air yang sudah bersih dan steril dari kotoran dan racun akan dapat digunakan lagi oleh pabrik atau industri untuk proses produksi. Sehingga tidak perlu takut kekurangan air bersih hingga harus beli yang akan mengeluarkan lebih banyak lagi biaya produksi. 

  • Usaha atau Industri Tidak Akan Mengalami Masalah

Terkadang limbah dari pabrik atau industri yang dibuang secara sembarangan akan menimbulkan kegeraman dan ketidaksukaan dari masyarakat sekitar karena air limbah tersebut yang menimbulkan bau tidak sedap atau bahkan membuat lingkungan sekitar tercemar. Jika usaha atau industri anda memiliki kurangnya kesadaran tentang hal tersebut, bisa saja industri anda ditutup dan tidak boleh beroperasi lagi. 

Setelah mengetahui tentang manfaat dan fungsi dari IPAL, sebaiknya anda mengetahui jenis-jenis kontaminan dalam air yang bisa membahayakan bagi manusia maupun lingkungan. Berikut ini adalah daftar dari kontaminan tersebut!

Jenis-Jenis Kontaminan Air yang Ada

pengolahan limbah
  • Kontaminan Fisik

Air yang memiliki kualitas baik secara fisik akan terlihat jernih, bersih, tidak berbau dan tidak berwarna. Namun, jika sebaliknya maka air tersebut dapat dikatakan berkualitas tidak baik bahkan sampai ada yang beracun. Kontaminan yang dapat merusak kualitas dari air adalah contohnya seperti bahan organic yang terlarut sehingga air menjadi berbau dan berwarna. 

  • Kontaminan Biologi

Ini merupakan organisme biologi yang ada dalam air. Biasanya kontaminan ini seperti virus, bakteri, parasit dan lain-lain. 

  • Kontaminan Kimia

Ini dapat terjadi akibat buatan manusia ataupun secara alami. Contohnya seperti logam, organic sintesis, atau bahkan racun yang diproduksi oleh bakteri. 

  • Kontaminan Radiologis

Kontaminan ini contohnya seperti uranium, plutonium dan sesium.Demikianlah pembahasan tentang IPAL yang perlu diketahui terutama bagi anda yang sedang mempelajari instalasi pengolahan air limbah industri untuk industri usaha yang sedang anda jalankan. Dengan menggunakan IPAL secara tidak langsung anda ikut dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan banyak orang. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *