desain septic tank komunal

Desain Septic Tank Komunal yang Baik untuk Kurangi Pencemaran Lingkungan

Panduan desain septic tank komunal bisa didapatkan dari berbagai sumber di internet. Septic tank sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk setiap rumah tangga. Septic tank ini sangat erat kaitannya dengan pengelolaan limbah yang ada di rumah tangga.

Selanjutnya ada atau tidaknya septic tank tentu akan mempengaruhi lingkungan baik dalam skala kecil maupun dalam skala yang lebih luas. Ketidaktersediaan septic tank nantinya juga akan berpengaruh pada kesehatan manusia dan lingkungan alam juga.

Sebelum kita mengetahui cara membuat septic tank yang baik, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan septic tank ini sendiri.

Apa itu Septic Tank?

Septic tank sendiri adalah sebuah ruang yang dibuat biasanya di bawah tanah. Ruangan ini sendiri dibuat dengan beton, plastik dan tambahan fiberglass yang membuat air limbah domestik dapat mengalir. Septic tank ini mempunyai ukuran tertentu dan bisa dibuat dengan kedalaman tertentu juga.

Septic tank ini juga seringkali dikenal dengan bak penampungan kotoran manusia dari kloset atau kamar mandi. Lokasi dibuatnya septik tank ini sendiri biasanya di depan rumah. Anda bisa membuat di bawah garasi rumah anda, dibawah taman dan lain sebagainya.

Mengapa septic tank ini dibuat di bagian depan rumah anda? Ini agar memudahkan ketika akan menguras septic tank dan anda harus memanggil mobil untuk menguras septic tank anda tersebut. Septic tank ini sendiri sangat erat kaitannya dengan pengolahan limbah rumah tangga.

Dengan desain septic tank komunal yang baik maka anda akan bisa mengolah limbah kotoran manusia tersebut dengan baik sehingga pencemaran lingkungan akibat limbah tersebut bisa diminimalisir.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari sebuah septic tank ini sendiri? Kita sering bertanya-tanya tentang fungsi dari bak ini selain untuk menampung limbah dari kloset atau kamar mandi. Septic tank yang baik akan mempunyai fungsi sebagai tempat peresapan kotoran ke dalam tanah.

Masalah Septic Tank

Dengan peresapan yang baik maka bau yang tidak sedap tidak akan terpapar di lingkungan. Jika tidak ada masalah pada septic tank anda, septic tank anda ini akan bisa bertahan dalam waktu yang lama tanpa harus melakukan penyedotan.

Namun beberapa masalah kerap timbul berkaitan dengan septic tank anda tersebut. Seringkali septic tank anda pecah, atau bocor atau ada penyumbatan yang menyebabkan anda harus menyedot septic tank anda agar anda bisa memecahkan masalah anda.

Tanah yang kualitasnya buruk juga bisa menjadi masalah untuk septic tank anda tersebut. Untuk mencegah beberapa masalah pada septic tank anda perlu tahu procedur pembuatan septic tank dan juga membuat desain septic tank dengan baik dan benar serta sesuai dengan kebutuhan.

Jika anda hendak membuat septic tank untuk skala limbah yang lebih besar maka yang anda butuhkan adalah septic tank yang kapasitasnya jauh lebih besar. 

Mengenal Apa itu Septic Tank Komunal

desain septic tank komunal
Installing a Septic Tank

Seperti yang telah dijelaskan di atas, septic tank sangat penting bagi pengolahan limbah dari rumah kita. Dalam cakupan yang lebih besar, kita sering menjumpai adanya tempat umum yang dilengkapi dengan kamar mandi dan wc juga. Untuk kebutuhan penampungan limbah kloset dengan skala yang lebih besar yang anda butuhkan adalah septic tank dengan jenis komunal.

Septic tank komunal adalah septic tank yang mempunyai kapasitas tangki septik yang lebih besar karena digunakan untuk menampung lebih banyak limbah. Dengan penampungan limbah yang lebih besar ini, maka masalah yang akan ditimbulkan ketika septic tank ini bocor atau pecah menjadi sangat berbahaya.

Oleh sebab itu ketika membuat septic tank komunal, semua orang harus benar-benar memperhitungkan luas ruangan, kedalaman dan juga desain detail dari septic tank tersebut. Dari segi bentuk, septic tank komunal ini umumnya dibuat menjadi pararel dengan bentuk tangka yang sudah pasti lebih besar juga.

Ada dua fungsi dari septic tank komunal ini. Kita bisa mengetahui fungsi dari septic tank dengan kapasitas yang lebih besar di bawah ini:

Untuk Menyehatkan Sebuah Pemukiman

Ketika membuat sebuah septic tank komunal kita perlu memikirkan mengenai sistem pengolahan air limbah juga. Salah satu fungsi dari dibuatnya septic tank komunal ini adalah untuk membuat lingkungan menjadi lebih sehat.

Biasanya septic tank ini akan dibangun untuk mck yang biasa digunakan oleh kelompok masyarakat yang kurang mampu. Mereka biasanya tidak mempunyai tempat untuk mandi, mencuci dan kakus pribadi.

Oleh sebab itu mereka menggunakan fasilitas mck yang tidak jauh dari pemukiman mereka. Tangki septic komunal jenis ini biasanya akan dibangun pada radius 50-100 m dari pemukiman warga. Ini adalah jarak aman untuk membuat septic tank karena limbah yang ada dalam tanah tidak akan mencemari lingkungan warga. 

Untuk Penampungan di Pengungsian

Fungsi kedua dari dibuatnya septic tank komunal ini sendiri adalah sebagai tempat penampungan di pengungsian. Biasanya septic tank ini dibangun ketika ada bencana alam dan digunakan untuk menampung limbah dari para pengungsi di lokasi bencana.

Lokasi untuk membuat septic tank ini biasanya 50 meter dari lokasi pengungsian. Bentuk atau desain septic tank ini sendiri dibuat portable. Dengan desain ini maka septic tank ini bisa dilepaskan kalau memang sudah tidak digunakan lagi.

Biasanya septic tank semacam ini tidak ditanam di dalam tanah. Lain halnya dengan septic tank yang dibuat untuk keperluan limbah mck.

Cara Kerja Septic Tank

Kita perlu juga belajar untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari septic tank ini sendiri. Septic tank sebenarnya dibuat dengan sekat dinding bata dan akan ditutup dengan beton dan juga penutup control yang diletakkan pada bagian atas.

Biasanya akan ditambah dengan pipa berbentuk T yang akan memaksimalkan udara supaya udara dari luar tetap bisa masuk ke dalam septic tank tersebut. Udara dan oksigen yang masuk ini akan berfungsi untuk menyuburkan bakteri yang ada di dalam septic tank.

Bakteri ini penting karena akan memusnahkan kotoran yang tertampung dalam tempat penampungan limbah tersebut.Septik tank untuk pengolahan air limbah domestik sebaiknya dibuat dengan menyesuaikan ketinggian air tanah dan juga disesuaikan dengan jenis tanah yang ada pada hunian.

Anda juga perlu memperhatikan jarak dan juga sumber air bersih yang ada di sekitar bak penampungan limbah anda agar tidak tercemar. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk perawatan septic tank agar septic tank anda tetap awet.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan tersebut diantaranya:

Cek Sumur Resapan Septic Tank

Ini adalah hal pertama yang perlu anda perhatikan. Sumur resapan adalah bagian penting dalam sebuah septic tank. Nantinya kotoran yang dihancurkan akan masuk ke sumur resapan yang jaraknya sangat dekat.

Idealnya anda membuat sumur resapan yang disesuaikan dengan jumlah septic tank yang ada atau tersedia. Sumur resapan sendiri dibuat dengan beberapa elemen misalnya ijuk, pasir dan kerikil. 

Cek Jenis Pembuangan Limbah

Hal yang kedua yang harus anda perhatikan adalah jenis pembuangan limbah. Anda disarankan untuk menggunakan septic tank hanya untuk limbah berupa feses sehingga limbah lainnya seperti limbah air bekas mandi dan cucian sebaiknya tidak dibuang di septic tank.

Anda juga harus menghindari membuang cairan pembersih lantai, pemutih baju dan lain sebagainya karena ini akan berpengaruh pada bakteri yang bekerja di septic tank anda tersebut.

Cek Pengurasan Tangki Septic Tank

Sebaiknya anda menguras septic tank anda dalam kurun 3 tahun sekali. Pengurasan harus dilakukan oleh orang yang ahli. Ahli yang menguras septic tank biasanya akan menggunakan alat khusus sehingga aman ketika proses pengurasan dan setelah proses pengurasan dilakukan.

Jangan Membuang Lumpur ke Septic Tank

Anda yang ingin merawat septic tank anda, sebaiknya tidak membuang lumpur ke septic tank anda tersebut. Menyalurkan lumpur dari sungai atau tempat lain ke septic tank anda akan membuat septic tank anda rentan terhadap masalah. 

Ketika anda ingin membuat septic tank untuk keperluan domestik rumah tangga anda, sebaiknya anda tetap harus berkonsultasi dengan mereka yang ahli dalam membuat septic tank.

Hal ini akan memudahkan anda untuk membuat sebuah septic tank yang sesuai standar dan tetap berkualitas sehingga anda bisa menggunakan septic tank anda tersebut dalam waktu yang lama. Hal yang sangat penting lainnya adalah septic tank anda tersebut tidak mencemari lingkungan anda.

Kini saatnya anda membuat septic tank dengan desain septic tank komunal atau septic tank domestic sesuai dengan kebutuhan anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *