tahapan pengolahan limbah cair

Beberapa Tahapan dalam Pengolahan Limbah Cair

Tahapan proses dalam pengolahan limbah cair telah banyak dikembangkan sehingga menjadi beragam. Limbah cair jika memiliki kandungan polutan yang berbeda dapat mungkin membutuhkan proses pengolahan yang juga berbeda.

Proses-proses pengolahan limbah cair tersebut dapat berupa kombinasi dari beberapa proses atau hanya menggunakan salah satunya saja. Bahkan proses pengolahan tersebut juga dapat dibuat atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan finansial.

Berikut ini adalah tahapan pengolahan limbah cair yang ada dan sering dibahas di beberapa buku cara pengolahan maupun di materi instalasi pengolahan air limbah pdf yang banyak ditemukan di internet.

Mari simak ulasannya di bawah ini!

Tahapan-Tahapan dalam Pengolahan Limbah Cair

tahapan pengolahan limbah cair
Pengolahan Primer

Pengolahan ini adalah berupa proses pengolahan secara fisika.

Screening atau Penyaringan

Metode penyaringan adalah limbah yang mengalir di saluran pembuangan disaring dengan menggunakan jeruji saring. Metode ini dinilai sebagai cara yang murah untuk dapat menyisihkan bahan-bahan yang padat berukuran besar dengan air limbah. 

Pretreatment atau Pengolahan Awal

Limbah yang sudah disaring di atas akan disalurkan ke bak atau tangki yang memiliki fungsi untuk memisahkan antara partikel padat dengan pasir.

Cara kerja tangka ini adalah dengan memperlambat aliran dari limbah sehingga partikel-partikel pasir dapat jatuh ke dasar tangki lalu air limbah dapat terus dialirkan untuk tahapan pengolahan limbah cair yang selanjutnya. 

Pengendapan

Setelah dua tahapan di atas, limbah cair akan dialirkan ke bak atau tangki pengendapan. Metode ini adalah metode pengolahan yang utama dan paling banyak serta sering digunakan pada saat proses pengolahan secara primer limbah cair.

Di dalam tangki pengendapan limbah cair akan didiamkan supaya partikel padat yang tersuspensi di dalam air limbah bisa untuk mengendap ke dasar tangki.

Endapan tersebut akan membentuk lumpur yang akan dipisahkan dari air limbah ke saluran yang lain agar untuk diolah secara lanjut. 

Floation atau Pengapungan

Metode yang satu ini dinilai efektif untuk menghilangkan polutan yang berupa lemak atau minyak.

Proses ini terjadi dengan menggunakan sebuah alat yang dapat menghasilkan gelembung udara dengan ukuran kecil yang dapat membawa partikel-partikel lemak atau minyak ke permukaan air limbah sehingga dapat disingkirkan. 

Pengolahan Sekunder

Pengolahan ini merupakan proses pengolahan yang secara biologis yaitu dengan menggunakan mikroorganisme yang mampu untuk mengurai bahan organik. 

Metode Tricking Filter

Di metode ini bakteri aerob (mikoorganisme) digunakan untuk mengurai atau mendegradasi bahan organik yang melekat serta tumbuh di suatu lapisan media kasar. Limbah cair akan disemprotkan ke permukaan media dan dibiarkan untuk merembes melewati ke dalam media itu.

Pada saat proses perembesan bahan organik yang ada limbahnya akan diurai oleh bakteri aerob. Setelah itu limbah akan menetes ke wadah penampung yang akan disalurkan ke tangki pengendapan.

Di tangki pengendapan limbah akan mengalami proses pengendapan dimana memisahkan antara partikel pada tersuspensi serta mikroorganisme dari air limbah. Setelah itu endapan akan mengalami proses selanjutnya dan air limbah akan dibuang. 

Metode Actived Sludge

Pada metode yang satu ini, limbah akan disalurkan ke dalam sebuah tangki yang di dalamnya limbah akan dicampur dengan lumpur yang banyak bakteri aerob.

Selanjutnya, limbah akan disalurkan ke dalam tangki pengendapan untuk mengalami proses pengendapan, lalu lumpur yang ada bakterinya akan dimasukkan kembali ke tangki aerasi.

Limbah yang sudah melalui proses akan dibuang ataupun diproses ke tahap lebih lanjut apabila dibutuhkan. 

Metode Treatment Ponds / Lagoons

Di metode ini limbah cair akan diletakkan ke dalam kolam yang terbuka, Algae yang ada di dalam kolam akan melakukan fotosintesis sehingga menghasilkan oksigen, Oksigen tersebut lalu akan digunakan oleh bakteri aerob untuk proses penguraian bahan organik yang ada di dalam limbah. 

Itulah beberapa dari tahapan pengolahan limbah cair yang bisa dipelajari dan digunakan untuk mengelola limbah agar tidak mencemari lingkungan.

Masih ada cara-cara lain yang bisa digunakan untuk mengolah limbah cair secara mudah. Tujuan utama dari pengolahan limbah cair adalah untuk menjaga kesehatan manusia, makhluk hidup lain serta lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *