Apa Saja Sistem Pengolahan Air Limbah?

Sistem pengolahan air limbah merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengurangi pencemaran lingkungan melalui pengurangan dan pengolahan limbah. Yang mama, limbah ini terdiri dari berbagai macam yang memiliki sistem pengolahan yang berbeda-beda.

Dengan melakukan pengolahan, limbah dapat terurai dengan maksimal. Berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang cara pengolahan air limbah.

Pentingnya Melakukan Pengolahan Air Limbah

sistem pengolahan air limbah

Pengolahan air limbah menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting. Ketika Anda melakukan pengolahan air limbah, maka lingkungan Anda akan tetap bersih dan bebas dari penyakit.

Selain itu, melakukan pengolahan air limbah juga bermanfaat kepada Anda khususnya jika tempat tinggal Anda masih minim pengolahan air limbah yang optimal.

Air limbah yang telah diolah atau terurai akan memberikan manfaat bagi Anda, khususnya jika Anda menginginkan agar terbebas dari segala jenis penyakit dan bakteri yang menyerang lingkungan Anda.

Air limbah yang terurai dengan baik akan memberikan kualitas air yang optimal dan terjaga. Itulah mengapa Anda harus melakukan pengolahan terhadap limbah semaksimal mungkin.

Jenis-Jenis Sistem pengolahan Air Limbah

sistem pengolahan air limbah

Terdapat sistem pengolahan air limbah yang perlu Anda ketahui. Sistem air limbah ini bertujuan agar lingkungan Anda bersih dan terbebas dari penyakit. Beberapa jenis pengolahan air limbah diantaranya adalah;

Sistem Lumpur Aktif

Sistem lumpur aktif ini merupakan salah satu jenis pengolahan limbah air yang mempergunakan prinsip utama yaitu bioreaktor dan tangki sedimentasi. Pada sistem ini, limbah air dan biomassa akan dicampur sehingga akan menghasilkan reaktor yang sempurna. Sehingga, hal ini bertujuan agar sarana pengadukan dalam suspensi dapat dilakukan secara optimal.

Kelebihan dari menggunakan sistem ini adalah Anda dapat menerapkan untuk menggunakan sistem ini pada limbah cair yang ada di industri.

Akan tetapi, kekurangan dari penggunaan limbah ini adalah biaya yang diperlukan cukup mahal karena membutuhkan peralatan yang banyak.

Sistem Trickling Filter

Salah satu desain septik tank komunal ini merupakan salah satu sistem pengolahan limbah yang menggunakan media padat dengan kedalaman 2 meter. Pada sistem ini, limbah akan diolah sebelum disebarkan ke area permukaan. Tujuan dari penggunaan sistem ini adalah untuk melakukan oksidasi karbon dan nitrogen yang ada dalam limbah cair. 

Kelebihan ketika Anda menggunakan sistem pengolahan limbah ini adalah sistem ini dinilai sangat baik untuk melakukan sistem oksidasi karbon. Akan tetapi, sistem ini juga memiliki kekurangan.

Kekurangan yang ada di sistem ini adalah adanya kemungkinan untuk terjadi penyumbat yang ada pada media filter dari partikel yang lebih besar.

Sistem UASB

Sistem pengolahan air limbah ini merupakan salah satu jenis sistem pengolahan yang ada pada limbah yang menggunakan sistem anaerobik. Yang mana, sistem ini menerapkan bahan bakar organik yang akan dilakukan proses konversi hingga menjadi produk akhir.

Produk akhir ini berupa gas metana dan juga gas karbon dioksida. Dengan menggunakan sistem limbah ini, Anda akan mendapatkan pengolahan limbah yang baik.

Sistem Kolam

Sistem kolam merupakan sistem yang digunakan untuk melakukan pengolahan pada limbah cair atau air yang bertujuan dengan melakukan suplai oksigen dengan pengadukan alami.

Sehingga, hal ini akan menghasilkan proses perombakan bahan organik yang alami. Dengan menggunakan sistem ini, mikro organisme akan turut berperan dalam proses pengolahan.

Sistem SBR

Sistem ini merupakan sistem yang memiliki karakter yang hampir sama dengan sistem lumpur aktif. Akan tetapi, jenis sistem ini memiliki sedikit perbedaan dengan sistem lainnya.

Pada sistem ini Anda akan mendapatkan tangki yang berlangsung secara bergantian. Keistimewaan ketika Anda menggunakan jenis sistem ini adalah Anda tidak memerlukan proses resirkulasi sludpe.

Sistem Septic Tank

Mungkin sebagian dari kalian telah mengenal sistem ini. Sistem pengolahan air limbah ini adalah sistem yang digunakan oleh mengolah limbah cair yang mana menggunakan proses yang sangat sederhana. Akan tetapi, ketika Anda menggunakan sistem ini, Anda memerlukan fasilitas khusus yang digunakan untuk melakukan proses resapan.

Kelebihan dengan menggunakan jenis sistem ini adalah sistem ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan sistem lainnya. Sehingga, banyak industri lebih memilih untuk menggunakan sistem ini selain harganya yang murah. Anda juga tidak memerlukan keahlian khusus ketika menggunakan sistem ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *